Header Ads

test

Penyebab Dan Cara Pilih Shampoo Untuk Rambut Rontok

Dipasaran Indonesia memang ada banyak pilihan shampoo untuk rambut rontok, namun apakah kamu tahu apa sih sebenarnya penyebab rambut bisa rontok?.

shampoo untuk rambut rontok

Rambut rontok adalah salah satu problem rambut yang sangat mengganggu, apalagi jika jumlah rambut yang rontok tergolong dalam jumlah yang banyak. Salah satu penyebab rambut rontok biasanya adanya gangguan dalam hormon androgen dan esterogen. Pertanda rambut rontok yang berlebihan, bisa juga disebabkan karena gangguan emosional, penyakit, serta infeksi pada kulit kepala.

Agar lebih jelasnya yuk kita bahas satu-satu, apasaja penyebab rambut bisa jadi rontok. Mulai dari:

1.    Kurang Gizi
Tubuh butuh gizi seimbang untuk dapat menyeimbangkan hormon. Ketidakseimbangan hormon disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi akibat menyantap mkakanan yang kurang sehat, atau diet yang terlalu ekstrem. Olahraga terlalu keras yang tidak diimbangi pola makan sehat juga menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, Anda membutuhkan banyak energi saat bekerja. Kurangnya asupan nutrisi yang mendukung aktivitas Anda akan berakibat pada kerontokan rambut. Kekurangan nutrisi kronis seperti inilah yang tidak disadari, memperparah kerontokan. Hal yang sama dapat terjadi kepada ibu menyusui pasca melahirkan.

2.    Stress
Pembuluh darah kita berkontraksi karena stres berlebihan, sehingga sering mengakibatkan peredaran darah yang kurang lancar. Akibatnya, nutrisi yang seharusnya bisa mengalir ke seluruh tubuh, tidak mencapai kulit kepala dan rambut. Apabila dibiarkan dalam waktu lama, kondisi rambut bisa menipis. Alopecia areata adalah kondisi ketika kulit kepala mengalami rontok parah sampai terbentuk bald spot, yang terlihat seperti bulatan-bulatan sebesar koin di kepala Anda. Meskipun nantinya bisa tumbuh lagi, diperlukan waktu yang lama untuk rambut menjadi panjang kembali.

3.    Peredaran darah tidak lancer
Hemorrhagic strokes juga terjadi karena peredaran darah yang tidak lancar. Di zaman sekarang, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer, menggunakan smartphone, bermain game, dan sebagainya. Menjaga postur tubuh yang baik dalam waktu lama adalah hal yang sulit. Kelelahan mata disebabkan duduk di depan komputer dalam waktu lama, juga berakibat pada leher dan bahu. Ini menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah di kulit kepala.

4.    Kulit kepala tidak sehat
Kerontokan rambut juga meningkat apabila kulit kepala memproduksi minyak dalam jumlah yang besar. Produksi minyak meningkat karena terlalu banyak mengonsumsi lemak, jajanan tidak sehat, dan makanan serba instan. Sebenarnya, produksi minyak berperan penting untuk melindungi kulit kepala. Akan tetapi, jika berlebihan, minyak akan menyumbat pori-pori dan melemahkan akar rambut. Hal ini memicu kerontokan parah.

Memilih shampoo juga tidak bisa sembarangan, berhati-hatilah karena shampo maupun produk perawatan rambut juga bisa menutupi pori kulit kepala jika mengandung zat tertentu. Menggunakan sampo yang tidak sesuai dengan kulit kepala juga menyebabkan radang, yang dapat memperburuk kerontokan rambut Anda.

Salah satu shampoo paling recommended untuk mengatasi masalah kerontokan rambut adalah Tresemme. TRESemme Hair Fall Control Shampoo adalah sampo berbahan surfaktan dari Amerika Serikat, dan disebut-sebut sebagai merek yang digunakan oleh para profesional. TRESemme mengklaim produknya dapat memberikan kualitas profesional seperti di salon, meski Anda memakainya di rumah.

Rahasianya adalah teknologi keratin yang diformulasikan untuk rambut wanita yang mudah kaku dan rusak. Formula ini memperkuat akar dan batang rambut, serta mencegah rontok yang diakibatkan karena kerusakan rambut. Gunakan secara teratur untuk rambut yang lebih panjang dan kuat.

Memang rambut yang sehat adalah impian semua orang, tetapi sering kali kesibukan membuat kita lupa meluangkan waktu untuk perawatan. Kerontokan mungkin sulit dicegah, tetapi rangkaian perawatan rambut yang tepat akan menjadi solusi bagi Anda.

Tidak ada komentar