Header Ads

test

Cara Ampuh Basmi Kutu Kucing dan Anjing

Kucing dan anjing peliharaan yang terinfeksi kutu bisa membuat masalah bagi pemiliknya. Sebab, tak sedikit kutu kucing dan anjing yang bisa menyebar ke rambut manusia dan bahkan ada yang membawa larva cacing pita. Kalau sudah begini, tentunya akan membahayakan kesehatan pemiliknya juga, kan? Anda harus mengatasinya segera!

Kutu Kucing
 
Bagaimana Cara Penularannya?
Kutu yang ada pada kucing dan anjing biasanya sama jenisnya. Bahkan, kutu ini juga sama dengan kutu yang ada pada kelinci dan landak. Penularan kutu ini sebenarnya sangat mudah terjadi. Biasanya, penularannya terjadi karena ada kontak dengan hewan lain yang sudah terinfeksi kutu lebih dulu.
 
Penularan juga bisa terjadi dari perabotan kayu di rumah Anda. Sebab, kutunya juga bisa hidup di sana. Jika Anda memiliki taman, biasanya kucing akan lebih mudah terinfeksi terlebih bila Anda memelihara hewan lain yang sering bersentuhan dengan rumput taman, misalnya saja, kelinci.
 
Mengapa Anda Harus Membasminya?
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kutu pada kucing bisa menyebabkan banyak masalah. Bukan hanya pada si kucing sendiri, namun juga pada pemiliknya. Pemilik kucing bisa tertular kutu tersebut. Pada kucingnya sendiri, kutu bisa membawa larva cacing pita dan membuat kucing jadi cacingan.
 
Kutu juga bisa menyebabkan luka dan infeksi pada kulit kucing dan anjing. Bila kutu sudah terlalu banyak, si kucing bisa mengalami anemia. Kondisi ini sangat berbahaya untuk bayi kucing bahkan bisa menyebabkan kematian. Cara paling mudah mengetahui apakah kucing Anda terkena kutu kucing adalah dengan melihat gerak-geriknya.
 
Bila kucing sering tiba-tiba kaget dan menggaruk tubuhnya, itu salah satu tanda bahwa si kucing sedang digigit kutu. Tanda lainnya bisa Anda lihat pada bagian leher dan ekor si kucing. Bila pada bagian ini terlihat ada hewan berwarna cokelat kemerahan, itulah kutu yang dimaksud. Kutu ini akan sulit terlihat sebab warnanya yang mirip dengan kotoran.
Bagaimana Cara Mengatasinya?
 
Untuk cara mengatasi kutu pada kucing, Anda bisa melakukan beberapa cara. Pertama, Anda bisa memanfaatkan jeruk lemon dan cuka apel. Ini adalah obat tradisional yang dipercaya mampu membunuh kutu yang ada pada kucing dan anjing. Cara penggunaannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan perasan jeruk lemon dengan cuka apel.
 
Campurkan juga dengan satu liter air dan masak selama lebih kurang 15 menit. Biarkan semalaman dan keesokan paginya, mandikan kucing Anda dengan campuran tersebut. Jika kucing Anda memiliki bulu yang panjang, ada baiknya Anda membantu membuat kutunya dengan cara menyisir.
 
Menggunakan obat dan shampo khusus kutu juga bisa Anda lakukan bilamana Anda tak mau ribet membuat campuran ajaib pembasmi kutu. Ada banyak produk sampo dan obat khusus kutu yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Untuk penggunaannya, Anda bisa melihat petunjuk yang ada di produk tersebut.
 
Harga produk obat dan shampo kucing ini sangat bervariasi. Anda bisa memilih dari yang paling murah hingga paling mahal. Biasanya, cara penggunaannya sama. Anda hanya perlu memastikan bahwa obat atau shampo tersebut tak masuk ke area mata dan telinga kucing atau anjing saja.
 
Nah, itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kutu kucing. Kutu pada kucing jangan dianggap sepele. Sebab, kutu ini bisa berdampak buruk dan menyebabkan kematian pada kucing bila mereka mengalami infeksi. Bila Anda menyadari kucing memiliki kutu, ada baiknya Anda segera lakukan penanganan sebelum lebih parah.

Tidak ada komentar