Header Ads

test

Sebelum Memilih Jasa Renovasi Rumah, Perhatikan 8 Langkah Ini Biar Lebih Hemat

Memakai jasa renovasi rumah memang terasa lebih mudah dan simple dari pada harus mengerjakan urusan renovasi sendiri, namun sering kali saat sudah selesai kaget dengan biaya yang harus dikeluarkan.
 
Banyak dari pengalaman masyarakat yang mengungkapkan, saat merenovasi rumah budget yang disediakan selalu kurang karena banyaknya dana “siluman” yang mendadak datang membuat rencan awal malah jadi runyam. 

jasa renovasi rumah

 
Namun sebenarnya membengkaknya budget yang disediakan itu bisa dihindari dengan menyewa penyedia jasa renovasi rumah yang professional dan sudah terbukti handal dibidangnya. Selain itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya renovasi rumah seperti:
 
1.    Pakai material bekas berkualitas
Untuk menghemat biaya, bisa saja menggunakan material yang sudah bekas. Bahan material bekas terbagi jadi dua kategori, yaitu material reuse dan recycle.

Material reuse adalah material yang emang bisa dipakai lagi. Contohnya, kusen pintu, kaca, jendela, genteng bongkaran, serta kayu buat atap. Material recycle adalah material bekas yang kemudian didaur ulang. Contoh, batu bata dan keramik.

Kamu bisa cari produk bekas ini di toko-toko bahan bangunan di sekitar tempat tinggal. Ada pula beberapa toko online yang khusus jual bahan bangunan bekas. Cara lain, bisa tanya kenalan yang masih simpan material gak terpakai. Dengan ini dipastikan banyak dana yang akan terpotong dan bisa dialokasikan pada kebutuhan yang lain.

2.    Cari material diskonan
Cara ini juga bisa membuat dana lebih hemat saat merenovasi rumah, Biasanya diskon tersebut gak ada di toko bangunan konvensional. Coba deh ke supermarket khusus bahan bangunan atau buka website toko bangunan tertentu. Memang cari satu ini diperlukan tenaga ekstra namun dengan cara ini dipastikan penghematan untuk renovasi bisa semakin maksimal.


3.    Maksimalkan material yang masih digunakan
Kamu lagi renovasi, bukan sedang bangun ulang, bukan? Jadi, gak semua perkakas atau bagian rumah sebelumnya harus disingkirkan. Jika masih ada yang cocok digunakan, ya, gunakan aja. Beberapa bagian rumah yang gak perlu kamu buang, antara lain kaca jendela, kusen pintu, genteng bongkaran, dan besi bongkaran struktur bangunan.

4.    Jangan sekaligus
Dana yang terbatas gak harus jadi penghalang buat renovasi rumah. Kamu akali dengan renovasi satu per satu bagian rumah, bukan sekaligus. Dengan begitu, dana gak bakal terkuras sekaligus, namun kamu juga gak takut dana terpakai buat hal-hal lain. Sedikit demi sedikit, desain rumah impian kamu terwujudkan. Misalnya aja, kamu bisa mulai dari renovasi ruang tamu di bulan ini. Tiga bulan lagi, kamu renovasi bagian dapur. Lalu, enam bulan lagi kamu renovasi kamar tidur. Begitu seterusnya.

5.    Beli matrial sendiri
Beli sendiri bahan-bahan material yang dibutuhkan bakal menghemat bujet. Alasan pertama, kamu tahu berapa harga sebenarnya. Kedua, ini meminimalisir tukang bakal mark-up harga sebenarnya. Kamu bisa sambangin beberapa toko bangunan terdekat dari rumah. Supermarket bahan bangunan juga jadi opsi terbaik.

6.    Pakai konsep rumah minimalis
Semakin detail konsep rumah yang diinginkan, tentu bikin biaya renovasi rumah makin tinggi. Jadi, cobalah buat pilih konsep minimalis bila dana terbatas. Bukan cuma karena dana terbatas sih, konsep minimalis pun kini lebih tren. Konsep minimalis juga bakal meringankan pekerjaan beres-beres setiap harinya. Dan

7.    Kreatif
Mau bikin suasana baru gak harus dengan barang-barang mahal, kan? Sewaktu merenovasi rumah, kamu pun bisa gunakan beberapa barang dengan harga terjangkau. Contohnya saja kamu bisa pilih wallpaper dinding daripada cat. Selain lebih murah, wallpaper dinding bisa kamu ganti-ganti di kemudian hari bila udah bosan.

Tidak ada komentar