Header Ads

test

Mau Tahu Cara Cepat Membuat SKCK? Cek dulu Syaratnya Di Sini!

Syarat Membuat SKCK 2017

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) memang sangat dibutuhkan pada kondisi-kondisi tertentu, seperti pada saat Anda ingin melamar pekerjaan, mendaftar angkatan, dan lain-lain. Jika Anda berada pada kondisi-kondisi tersebut, atau kondisi lain yang membutuhkan SKCK, maka bersegeralah untuk membuatnya.
 
Perlu Anda ketahui, ada dua alternatif yang bisa Anda lakukan untuk membuat SKCK, yaitu secara online dan offline. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara membuat SKCK, dan apa saja syarat yang dibutuhkan, perhatikan baik-baik cara dan syarat membuat SKCK berikut ini:
 
1.    Mintalah Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melampirkan surat pengantar dari kantor kelurahan setempat. Namun sebelum itu, Anda terlebih dahulu harus minta surat pengantar dari RT/RW tempat Anda tinggal.
 
2.    Sediakan Fotokopi KTP atau SIM
Pastikan bahwa kartu identitas yang Anda fotokopi tersebut alamatnya sesuai dengan domisili Anda yang sekarang. Selain itu, cek juga masa berlaku kartu identitas Anda. Jika masa berlakunya sudah habis, Anda harus melakukan perpanjangan terlebih dahulu.
 
3.    Fotokopi Kartu Keluarga
Selain kartu identitas KTP atau SIM, salinan KK (Kartu Keluarga) juga dibutuhkan sebagai bagian dari syarat membuat SKCK. Pastikan bahwa salinan KK yang Anda lampirkan adalah yang terbaru.
 
4.    Fotokopi Akta Kelahiran
Ini juga merupakan persyaratan yang penting untuk membuat SKCK. Pastikan bahwa Anda melampirkannya, jangan sampai tidak.
 
5.    Sediakan Pas Foto Terbaru
Untuk pas foto, Anda diharuskan untuk melampirkannya sebanyak enam lembar dengan ukuran empat kali enam (4x6), terutama pas foto berwarna, dengan background merah.
 
Sebenarnya, tidak ada perbedaan mengenai persyaratan yang harus Anda lengkapi untuk membuat SKCK, baik secara online maupun offline.
 
Nah, jika Anda mendaftar secara online maka Anda tidak perlu repot-repot pergi ke loket Polsek atau Polres setempat, menumpuk berkas-berkas yang telah disediakan, kecuali Anda mendaftar secara offline, maka Anda diwajibkan datang ke loket Polsek atau Polres wilayah tempat tinggal Anda.
 
Perlu juga diperhatikan, untuk pendaftaran online, Anda harus mengakses website resmi sesuai dengan domisili Anda tinggal karena setiap daerah atau Provinsi, memiliki website yang berbeda-beda. Demikianlah cara dan syarat membuat SKCK. Semoga informasi ini dapat mempermudah Anda.

Tidak ada komentar